Selamat Datang di My Blog

Jumat, 05 Agustus 2016

Kesenian Barongan Banyuwangi

KESENIAN KEBUDAYAAN BANYUWANGI



Kesenian Barong Banyuwangi

Barong Kemiren adalah kesenian asli dari Desa Kemiren,Glagah. Pada awalnya, seni ini merupakan seni pertunjukan yang bersifat sakral dan pementasannya dilaksanakan hanya pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat upacara bersih desa yang diselenggarakan pada minggu pertama bulan Haji (Besar). Tetapi, Sekarang ini seni barong sudah menjadi pertunjukan yang bersifat hiburan sehingga bisa dipentaskan pada saat pesta perkawinan, khitanan, atau pergelaran-pergelaran seni lainnya. Kesenian ini merupakan seni rakyat yang secara khusus mengandung ciri khas Using, baik yang menyangkut musik, tari, dialog, maupun ceritanya. Tari Barong juga diiringi beberapa gamelan khas, seperti kendang, kecrek, gong dan ketuk.

bagi masyarakat banyuwangi menanggap barong Kemiren maupun barong yang ada di banyuwangi sudah hampir menyeluruh baik di gunakan untuk hajat sunatan atau khitanan ataupun perkawinan. Barong sendiri bisa di bedakan menjadi banyak pilihan, biasanya masytrakat banyuwangi menanggap barong untuk hiburan di siang hari yang di namakan jaranan dan untuk malam hari di namakan barongan dan biasanya yang sering kita temui ialah arak-arakan barong biasanya digunakan untuk mengiringi pengantian yang berkeliling desa baik perkawinan maupun sunatan. Dan ada juga untuk acara-acara desa yang biasanya di hibur oleh barongan di kantor desa atau di lapangan.

Saat  arak-arakan biasanya barisan macan-macanan, kucing-kucingan, pitik-pitikan, dll berada di depan barong, di belakang barong, sepasang pengantin duduk di atas kereta kuda. Iring-iringan diarak berkeliling desa dan berakhir di rumah sang pengantin. Tontonan ini disebut arak-arakan Barong, yang ditanggap dalam hajat perkawinan tradisional.

 


    Barongan di Banyuwangi sudah menjadi adat dan kesenian yang tak pernah mati, karena kesenian ini tambah tahun tambah berubah dan bisa di gabungkan dengan kesenian lain seperti di beri ondel - ondel, ogoh - ogoh, Barong bali dll, sehingga masyarakat sangat antusias dengan kesenian Barongan ini.

Di Banyuwangi kesenian barong sendiri sudah bertahun-tahun berada di banyuangi, dan sekarang hampir di setiap daerah ada kesenian barong banyuwangi. dengan tingkat keunikan dan ciri khas tersendiri. dan sekarang Barong Banyuwangi sudah menjadi ikon kesenian setelah Gandrung dan Barong Banyuwangi sudah masuk ke luar kota.


Sampai sekarang Barongan di banyuwangi masih dipercaya Sakral karena memiliki banyak ilmu magis dan di percaya roh nenek moyang mereka berada di sana karena barongan adalah simbol yang sangat kental bagi masyarakat yang tinggal di kawasan kemiren banyuwangi.


hampir di setiap hajatan di banyuwangi ada kesenian barongan yang di undang untuk sekedar menghibur masyarakat ataupun tamu undangan juga di percaya sebagai ritual atau hajat seseorang atau yang mempunyai acara. barongan sendiri juga biasanya ada upacara di berbagai desa tetapi yang sering di kenal dibanyuwangi ialah Barong Ider Bumi yang selalu di lakukan seminggu setelah hari raya Idul Fitri.









Farid Sawaluddin
Banyuwangi
#Kesenian Banyuwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar