Selamat Datang di My Blog

Minggu, 07 Agustus 2016

Konversasi Pantai Cemara


Pantai Cemara adalah satu dari berbagai konversasi alam yang di selamatkan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan warga sekitar yang terus bekerja keras guna menyelamtkan keindahan yang di berikan oleh sasng pencipta (Allah Swt). Selama ini yang menjadi bayangan jika berlibur ke Pantai adalah; ombak, pasir putih, dan mandi cahaya. Tak terpikirkan bagaimana membuat sebuah suasana pantai yang begitu nyaman, segar dan terjaga keberadaannya.. Pantai konservasi, bisa dibilang seperrti itu untuk menggambarkan pantai ini. Deretan cemara yang ditanamam di sepanjang pantai, begitu juga dengan pohon-pohon lainnya.

Tujuan dari penanaman ialah untuk menyelamatkan apa yang sekarang dimiliki untuk anak cucu kelak dan upaya  ini sebagai upaya konservasi dari abrasi air laut. Perakaran tunjang ini mampu mencengkeram tanah dan pasir, sehingga menjadi benteng alam dari deburan ombak laut. Bentuk pantai yang curam menjadi bukti alam, bahwa lokasi ini rawan abrasi.


Kawasan pantai juga terasa dingin, sejuk karena tanaman peneduh berupa cemara  dan dan pohon lain seperti mangrove. Dengan pola tanam yang teratur, terlihat deretan cemara  yang begitu rapi membentuk sab dan banjar barisan yang anggun. Semilir angin meniup dan melambaikan dahan-dahan tanaman ini yang nampak menari mengikuti gerakan angin. Seresah-seresah dari cemara  yang jatuh disela-sela dahan menambah eksotika tanaman ini sehingga terkesan tua dan mistis, tetapi tetap mencarkan keindahan.




Keunikan pantai ini yang menambah nilai jualnya, sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja. Sebuah campur tangan manusia terhadap alam ini yang bersinergis untuk menyelamatkan pantai yang indah dari kerusakan alam. Tinggal sikap manuasia sebagai pengelola dan pengunjung, bisakah tetap bisa mempertahankan eksotisme pantai yang sudah di kelola dan di buat sebagus mungkin. Sehingga pengunjung dapat bisa menikmati keindahan pantai


 Jika tidak kita yang memulai dan menyelamatkan bangsa mau siapa lagi? Mau sampai kapan kita hanya merusak yang di berikan tuhan kepada kita, dengan konversasi alam ini dengan tujuan agar pantai tetap terjaga dan bisa dinikmati keindahannya sehingga daerah sekitar tidak rawan banjir atau ombak besar karena tertahan oleh kerindangan pepohon yang berada di tepi pantai.




Sekarang bisa dinikmati hasilnya yang dulunya pantai cemara menjadi pesisir yang tawang dan tandus tetapi sekarang pantai cemara sudah menjadi salah satu destination tempat wisata yang sangat populer di kunjungi di kalangan remaja dan orangtua, baik untuk selfi maupun menikmati keindahan tempat wisata yang di sungguhkan oleh penjaga di sana.'




Berikut foto-foto yang menjadikan Pantai cemara menjadi lebih indah sekarang ini ;







Pantai Cemara Banyuwangi
keindahan di Panati Cemara





 Suasana di tepi Pantai



kebersamaan yang selalu hadir di tengah suasana pantai





Farid Sawaluddin
Banyuwangi Jatim

#edisi Mantai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar